Faktor Yang Mempengaruhi Kemajuan Sebuah Negara

Faktor Yang Mempengaruhi Kemajuan Sebuah Negara

iklanet.id - Negara maju adalah negara yang memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi cepat sehingga sudah berhasil di bidang pembangunan dan kesejahteraan masyarakat yang sudah merata. Sedangkan Negara berkembang adalah negara dengan tingkat pertumbuhan ekonominya relatif lambat dan sedang giat-giatnya melaksanakan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakatnya.

Tiang perekonomian negara berkembang berdasar pada sektor pertanian dan masalah yang dihadapi suatu negara berkembang adalah rendahnya penguasaan ilmu pengetahuan dan tehnologi dalam mengelola sumber daya alam. Sedangkan tiang perekonomian negara maju bersumber pada sektor industri dan jasa.

Hingga saat ini, Indonesia masih tercatat sebagai negara berkembang. Lalu apa saja yang menyebabkan Indonesia termasuk dalam negara berkembang, Padahal negara Indonesia memiliki semua yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Negara Indonesia memiliki pertambangan emas terbesar dengan kualitas emas terbaik di dunia, Memiliki cadangan gas alam terbesar di dunia, Memiliki hutan tropis terbesar di dunia, Memiliki lautan terluas di dunia, Memiliki jumlah penduduk yang besar, beragam suku dan budaya, Memiliki tanah yang sangat subur, Memiliki banyak wisata alam yang sangat indah.

Dari semua yang dimiliki, Sudah dapat disimpulkan bahwa negara Indonesia adalah negara terkaya di dunia. Negara yang kaya akan hasil hutan, Kaya akan hasil laut, Kaya akan hasil peternakan dan pertanian, Kaya akan emas dan sumber minyak.

Dengan kekayaan alam yang begitu melimpah, sudah sangat bisa dipastikan bahwa negara Indonesia bisa menjadi negara maju dan bahkan bisa menjadi negara terbaik setelah Amerika Serikat. Tapi permasalahannya, mengapa Indonesia sangat sulit menjadi negara maju? Padahal, kekayaan alam yang dimiliki sangat melimpah. 

Tentu saja kemajuan sebuah negara bukan hanya ditentukan oleh seberapa banyak kekayaaan alam yang dimiliki. Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi kemajuan sebuah negara .

1. Sumber Daya Alam

Sumber daya alam merupakan salah satu aspek penting dalam pembangunan ekonomi, Tanpa adanya sumber daya alam mustahil akan terjadi pembangunan. Tentu saja negara Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki sumber daya alam yang begitu besar.

2. Sumber Daya Manusia

Bukan hanya sumber daya alam saja yang penting, Namun, Sumber daya manusia juga sangat berperan penting untuk mengelolah sumber daya alam yang awalnya mentah menjadi setengah jadi maupun barang jadi. Dan untuk dapat mengelolah sumber daya alam tersebut, Tentunya dibutuhkan sumber daya manusia yang berkompeten, Bukan hanya itu saja, Tenaga manusia juga diperlukan untuk melaksnakan segala kegiatan yang menunjang pembangunan perekonomian.

3. Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi

Ilmu pengetahuan perlu dimiliki dan dikuasai oleh manusia sesuai dengan bidangnya, Karena di dalam ilmu pengetahuan terdapat berbagai cara dan taktik dalam mengelola sumber daya alam yang ada agar lebih efektif dan efisien. Selain itu ilmu pengetahuan juga menjadi petunjuk dalam segala tindakannya. 

Kemudian teknologi juga menjadi salah satu aspek yang dibutuhkan dalam proses pengolahan sumber daya alam. Pada dasarnya keberadaaan teknologi membantu kerja manusia agar lebih mudah dan ringan, Dengan adanya teknologi, Akan mampu mempercepat suatu proses pengolahan sumber daya alam dan hal ini akan mampu menghasilkan sebuah keuntungan lebih besar dan cepat daripada tanpa menggunakan teknologi. 

4. Sosial Budaya

Sosial budaya menjadi salah satu aspek penting dalam prospek pembangunan ekonomi, Sosial budaya ini bisa menjadi pendorong kemajuan perekonomian suatu negara. Hal ini bisa terjadi karena budaya menjadi salah satu aspek penting dalam diri masyarakat budaya baik dan rajin akan memberikan peranan terhadap kemajuan perekonomian. Aspek sosial pun akan memberikan peranan lebih dalam perjalanan perekonomian, Karena untuk mendapatkan hasil yang maksimal diperlukan kerjasama yang baik pula, Kerjasama tidak akan terbentuk jika masing-masing individu tidak memiliki jiwa sosial yang tinggi.

5. Kondisi Politik

Politik dapat mempengaruhi kebijakan yang akan diterapkan dalam pasar. Ketika keadaan politik dalam suatu negara menunjukkan kestabilan dan keharmonisan, Maka laju pertumbuhan ekonomi akan membaik dan pembangunan di dalamnya akan  terus digiatkan. Pada dasarnya kondisi politik yang kondusif akan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi semua pihak yang bergelut di dalam perekonomian untuk melakukan sebuah pembaruan dalam sebuah perekonomian sehingga akan berdampak baik pada pembangunan ekonomi yang terjadi. 

6. Sistem Pemerintahan

Sistem perekonomian akan menyesuaikan dengan sistem pemerintahan yang ada. Misalkan jika sistem pemerintahan menggunakan sistem liberal maka secara otomatis sistem perekonomiannya menggunakan sistem liberal dimana semua bebas dalam melakukan kegiatan dan aktivitas perekonomiannya. Begitu juga di negara Indonesia yang sistem pemerintahannya demokrasi maka sistem perekonomian akan mengikutinya dengan memberikan kebebasan namun dengan pengawasan dari pemerintahan agar menjadi stabil dan terkendali. Dari penjelasan tersebut bisa kita simpulkan bahwa sistem pemerintahan juga akan mempengaruhi pembangunan ekonomi yang ada. Semakin baik sistem pemerintahannya maka pembangunan ekonomi pun akan berjalan dengan lancar. 

7. Pengembangan Wirausaha

Wirausahawan berperan baik secara eksternal ataupun internal. Secara eksternal, Wirausahawan berperan sebagai penyedia lapangan pekerjaan untuk para pencari kerja. Dengan terserapnya tenaga kerja oleh kesempatan kerja yang telah disediakan wirausaha, Maka tingkat pengangguran secara nasional akan menjadi lebih berkurang.

Dengan menurunnya tingkat pengangguran dapat berdampak positif terhadap kenaikan pendapatan perkapita dan daya beli masyarakat dan tumbuhnya perekonomian secara nasional. Selain itu juga, Dengan bertumbuhnya perekonomian perkapita dapat berdampak turunnya angka kriminalitas yang biasanya ditimbulkan karena tingginya pengangguran.

Peran wirausaha merupakan salah satu penentu kemajuan ekonomi suatu bangsa. Para pengusaha atau pelaku bisnis dan organisasi bisnis tidak akan muncul secara tiba-tiba atau mendadak. Mereka harus ditumbuhkan, dibangun dan dibina. Mereka akan tumbuh besar seiring dengan berjalannya waktu.

8. Sarana Dan Prasarana

Dalam semua bidang pasti kehadiran sarana prasarana menjadi penting karena dengan kelengkapannya bisa memberikan kemudahan bagi semua pihak yang bersangkutan dalam perekonomian. Sarana prasarana harus dilengkapi dan disediakan supaya dalam upaya pembangunan ekonomi optimal. Ketika sarana prasarana tidak mendukung upaya untuk melakukan pembangunan ekonomi maka laju pertumbuhan ekonomi, dengan begitu laju perokonomian akan tersendat dan negarapun akan mendapatkan sebuah permasalahan yang komplek. Dengan begitu terlihat jelas kelengkapan sarana prasarana dibutuhkan untuk pembangunan ekonomi suatu negara.

Dan pada akhirnya ketika semua aspek terpenuhi maka pembangunan ekonomi akan menjadi sempurna dan akan memberikan sumbangsih lebih terhadap kemajuan suatu negara.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.