Bahaya Tubuh Kurang Serat

Bahaya Tubuh Kurang Serat

iklanet.id - Manfaat serat bagi tubuh dan kesehatan sangatlah penting terutama untuk sistem pencernaan. Serat memiliki kemampuan untuk mengikat lemak yang berasal dari makanan yang kita konsumsi untuk dicerna secara sempurna.

Dengan terpenuhinya kebutuhan tubuh kita akan serat, maka proses pencernaan yang terjadi di dalam tubuh kita pun akan menjadi lebih baik dan tidak terhambat, Maka dari itu sangat penting untuk mengonsumsi cukup serat setiap hari.

Kurang mengkonsumsi serat dapat menimbulkan berbagai resiko kesehatan, Mulai dari masalah pada pencernaan hingga risiko terjadinya kanker. Beberapa gangguan atau penyakit yang timbul akibat kurang serat antara lain :

1. Sembelit

Sembelit atau susah buang air besar adalah frekuensi buang air besar yang kurang dari 3 kali dalam sepekan. Sembelit dapat terjadi karena kurangnya mengkonsumsi serat yang akhirnya dapat membuat feses menjadi keras dan kering, Sehingga menjadi susah untuk dikeluarkan. Sembelit kronis juga dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada saluran pencernaan termasuk peradangan pada lambung. 

2. Sakit Perut

Feses yang keras dapat membuat perut bergejolak sehingga saraf-saraf dan otot-otot pada usus besar menjadi sangat sensitif terhadap beberapa makanan. Hal ini dapat menimbulkan perasaan kram dan sakit pada perut, Selain itu perut juga dapat menjadi kembung karena banyak gas dan akibatnya menjadi ingin kentut terus. 

3. Radang usus

konstipasi kronis juga dapat menyebabkan peradangan pada usus yang disebut dengan diverculitis. Selain itu, Feses yang keras mungkin dapat terperangkap di dalam usus buntu, Sehingga dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan dan peradangan pada usus buntu. 

4. Hernia

Hernia atau turun berok adalah turunnya usus sehingga menjadi menonjol di daerah selangkangan atau paha. Hernia dapat terjadi karena konstipasi akan mengakibatkan seseorang mengedan terlalu kuat sehingga menyebabkan usus menjadi turun 

5. Wasir

Wasir atau ambeyen adalah vena yang membengkak di dekat anus dan usus besar bagian bawah. sama seperti hernia hemorrhoid dapat terjadi akibat proses mengedan yang terlalu kuat pada saat BAB, Penyebab terseringnya adalah akibat kurang serat. 

6. Obesitas

Mengkonsumsi serat dapat membantu memberikan rasa kenyang, Sehingga kekurangan serat akan mengakibatkan seseorang makan lebih sering dan berlebihan sehingga mengalami peningkatan berat badan. 

7. Kolesterol

Kurangnya mengkonsumsi serat juga dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat atau LDL dalam darah yang dapat mengakibatkan dislipidemia 

8. Arterosklerosis

Artersoklerosis adalah kekakuan dan penyempitan pada pembuluh darah arteri. Hal ini dapat terjadi karena kadar kolesterol yang tinggi secara signifikan akan meningkatkan pembentukan arterosklerosis pada pembuluh darah. Lagi-lagi salah satu faktor penyebabnya adalah akibat kurang serat. 

9. Darah tinggi

Kolesterol dan arterosklerosis akan memberikan dampak pada peningkatan pada tekanan darah, baik sistolik maupun diastolik. Selain itu dapat juga menimbulkan beragam macam penyakit yang terkait dengan pembuluh darah seperti penyakit jantung, penyakit ginjal dan stroke. 

10. Gula Darah

Makanan yang rendah serat dan karbohidrat olahan, Seperti roti putih dan makanan manis, akan dicerna dengan cepat sehingga menyebabkan kenaikan gula darah dan gula darah menjadi tidak terkontrol. 

11. Diabetes

Kadar kolesterol yang tinggi dan kadar gula darah yang tidak terkontrol yang berlangsung terus menerus dapat berisiko terhadap timbulnya penyakit diabetes mellitus tipe 2. 

12. Kanker

Akibat kurang serat dalam makanan dan konstipasi menyebabkan hambatan dalam pengeluaran racun – racun dan zat iritan yang dapat mempengaruhi saluran cerna dan menyebabkan perkembangan kanker termasuk kanker lambung, Kanker Kolon, Kanker rektum dan kanker payudara.

Untuk dapat menghindari penyakit berbahaya akibat kurang serat seperti di atas, Maka penuhilah kebutuhan serat harian Anda. Institusi kesehatan di Amerika merekomendasikan agar mengkonsumsi serat harian antara 25 hingga 35 gram untuk setiap harinya. 

makanan berserat tinggi

Sumber serat bisa anda dapatkan dari beberapa jenis makanan seperti beberapa jenis buah, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan lainnya. Berikut ini adalah beberapa macam makanan yang mengandung serat:

1. Sayuran Hijau

Sayur-sayuran hijau merupakan makanan sumber serat alami yang baik untuk tubuh. Beberapa jenis sayuran diantaranya seperti bayam, lobak dan lainnya memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Anda bisa menambahkan beberapa jenis sayuran hijau untuk membantu memenuhi kebutuhan serat setiap harinya.

2. Pepaya

Buah pepaya merupakan salah satu buah yang kaya akan serat yang cukup tinggi. Mengonsumsi buah pepaya juga memiliki manfaat membantu melancarkan pencernaan. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan enzim papain yang berguna memecah protein pada makanan yang kita konsumsi untuk diubah menjadi peptoin. Sehingga membuat mudah diserap oleh tubuh dan membuat pencernaan lebih lancar.

3. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran hijau yang memiliki kandungan serat didalamnya. Tidak hanya hanya kandungan serat, beberapa kandungan lain pada brokoli diantaranya seperti vitamin A, C, B6, kalium, mangan, magnesium, asam folat, serta yang lainnya.

4. Tomat

Selain bisa digunakan sebagai masker wajah, ternyata tomat memiliki kandungan serat. Disamping kandungan seratnya, tomat juga memiliki kandungan likopen yang fungsinya menekan penyakit prostat. Oleh karena itu, buah tomat baik dikonsumsi untuk para pria.

5. Oatmeal

Oatmeal merupakan gandum utuh yang merupakan salah satu makanan berserat tinggi. Pada oatmeal terdapat kedua jenis serat yaitu serat laut serta serat tak larut. Anda bisa menambahkan oatmeal sebagai menu sarapan pagi anda untuk memenuhi kebutuhan serat harian anda.

6. Buah Berry

Buah dari kelompok buah berry juga bisa menjadi buah sumber serat alami bagi tubuh. Kelompok buah berry terdiri dari strawberry, blueberry, blackberry, dan rashberry. Pada satu cangkir buah berry terkandung serat kurang lebih 8 sampai 9 gram serat.

7. Buah Pir

Buah pir merupakan salah satu buah yang kaya akan serat didalamnya. Buah pir memiliki rasa segar jika dikonsumsi. Buah pir bermanfaat untuk mencegah sembelit karena kandungan seratnya mampu membantu melancarkan pencernaan pada tubuh.

8. Wortel

Selain kandungan vitamin A nya yang baik untuk kesehatan mata, ternyata wortel memiliki kandungan serat didalamnya. Manfaat rutin mengonsumsi wortel tidak hanya baik untuk kesehatan mata, juga biak untuk kesehatan pencernaan anda. beberapa kandungan lain pada wortel diantaranya vitamin A, vitamin C, asam folat, magnesium, mangan serta zat besi.

9. Buah Apel

Salah satu buah yang berserat tinggi adalah buah apel. Kandungan serat pada buah apel bermanfaat untuk melancarkan pencernaan tubuh kita. Anda bisa mengonsumsi buah apel secara langsung atau juga bisa membuantnya menjadi jus apel yang menyegarkan.

10. Buah Alpukat

Buah selanjutnya yang juga kaya akan serat adalah buah alpukat. Selain dapat digunakan sebagai masker alami wajah, ternyata buah alpukat juga memiliki kandungan serat didalamnya. Buah alpukat juga aman bagi penderita diabetes karena memiliki kandungan gula yang rendah.

11. Beras Merah

Beras merah merupakan salah satu jenis beras yang memiliki kandungan kaya serat lebih banyak daripada jenis beras putih. Disamping itu, beras merah juga memiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh manusia.

12. Jambu Biji Merah

Selain buah yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaa, buah jambu biji merah juga mempunyai beberapa manfaat untuk dikonsumsi, diantaranya seperti membantu menurunkan kolesterol serta membantu mengatasi sariawan.

13. Buah Nanas

Buah nanas juga menjadi tambahan deretan buah yang mengandung serat yang baik untuk melancarkan pencernaan anda. anda bisa mengonsumsi buah nanas sebagai alternatif buah sumber serat alami.

14. Buah mangga

Buah yang tak kalah akan kandungan seratnya adalah buah mangga. Buah yang memiliki kandungan vitamin C ini juga memiliki kandungan serat didalamnya. Kandungan serat pada 100 gram buah mangga bisa sebanyak 1,6 gram serat. Beberapa manfaat mengonsumsi buah mangaa diantaranya seperti melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, serta membantu mencegah kanker.

15. Kacang Almond

Kacang Almond merupakan salah satu jenis kacang yang mengandung serat. Kandungan serat pada 100 gram kacang almond adalah sebanyak 12,2 gram serat. Pada kacang almond juga memiliki kandungan lemak tak jenuh, sehingga jenis kacang almond lebih sehat jika dikonsumsi daripada jenis kacang yang lain.

16. Okra

Makanan yang satu ini mungkin sedikit asing di telinga kita, Karena okra berasal dari daerah Afrika. Tetapi, Okra sangat terkenal di negara Eropa, Amerika, dan Cina. Makanan ini sangat padat akan nilai gizi termasuk kalsium, zinc, zat besi, fosfor, vitamin A, C, K, protein, dan serat. Satu cangkir okra mencukupi hampir sepertiga kebutuhan serat harian anda.

Dengan mengkonkumsi makanan yang berserat tinggi, Selain dapat mencegah berbagai macam penyakit, Tentunya juga dapat membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan lebih segar. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.