Manfaat Bawang Hitam Untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Hitam

iklanet.id - Bawang Hitam atau biasa disebut dengan Black Garlic bukan merupakan jenis baru dari keluarga bawang, tetapi bawang hitam merupakan bawang putih biasa yang mengalami proses fermentasi.

Bawang hitam tidak di dapatkan dengan cara alami, akan tetapi bawang hitam dibuat dengan proses yang dilakukan oleh manusia. Untuk  manfaat dan khasiat dari bawang hitam tidak diragukan lagi, karena sangat berkhasiat untuk menangani atau mengobati berbagai macam penyakit.

Black garlic bisa dikatakan sebagai herbal ajaib dan masih jarang ditemukan di tiap kota di indonesia. Pada awalnya bawang hitam telah dipakai sejak dahulu kala dan tepatnya di negara China, Jepang dan Korea yang digunakan sebagai suplemen kesehatan dan juga obat yang sangat baik dengan khasiatnya 20 kali lebih besar daripada herbal yang lainnya. Selain itu keunggulan dari bawang hitam lebih besar 10 kali lipat daripada bawang putih biasa.

Bawang Hitam merupakan bawang yang didapat dari hasil fermentasi melalui bawang putih dengan memanfaatkan suhu yang tinggi pada bawang putih dan menghasilkan bawang yang warnanya hitam. Rasanya agak sedikit manis, selain itu teksturnya lembut, gurih, dan rasanya pun kenyal.

Popularitas dari bawang hitam ini sendiri pun sudah tidak asing lagi di Amerika Serikat karena biasa dijadikan sebagai bahan utama untuk masakan kelas atas.

Bawang putih memang sudah terkenal sejak dulu digunakan sebagai obat kanker. Dan bawang hitam juga memiliki kemampuan 10 kali lebih besar dari bawang putih. Dan begitu juga dengan penyakit yang lainnya, dimana kasiat ini lebih besar 10 kali lipat daripada bawang putih, sangat baik untuk membantu dalam mengobati berbagai macam penyakit.

Kandungan antioksidan didalamnya 2 kali lebih besar daripada bawang putih yang biasa. Dan sebagian orang banyak yang meyakini jika bawang hitam mengandung S-allycysteine didalamnya, sebagai suatu senyawa yang sedang dibicarakan oleh para ahli sebagai salah satu komponen alami yang terbukti membantu mencegah kanker.

Meskipun di Indonesia, Bawang Hitam masih cukup asing untuk didengar, tetapi pada beberapa restoran mewah di Jakarta saat ini sudah banyak yang menggunakan bawang hitam sebagai bumbu untuk masakan mereka.

Selain itu juga, kemampuan dari bawang hitam sangat baik dalam membersihkan darah dan bekerja juga sebagai anti toksin alami, gatal-gatal, alergi, anti radikal bebas atau antioksidan, anti virus, membasmi kuman jamur, bakteri, anti aging, dan juga untuk meregenerasi sel dan membentuk HB darah, trombosit, sehingga akan membuat pembentukan dari jaringan yang mengalami kerusakan karena operasi, infeksi, dan peradangan bisa lebih cepat.

Bawang Hitam ini dibuat dengan proses penyimpanan dari bawang putih yang utuh disertai dengan kulitnya pada suatu tempat atau ruangan yang sudah diatur tingkat kelembapan dan suhunya antara 60-70 derajat celcius. Dan selama proses ini berlangsung, maka tidak perlu ditambahkan dengan bahan yang lainnya. Bawang putih tadi kemudian akan teroksidasi dan perubahan warna lama kelamaan akan menjadi hitam. Selain itu, tekturnya juga lebih lunak.

Dan rasanya pun agak asam. Perubahan yang terjadi pada bawang putih ini bukan karena mikroba namun karena suatu reaksi yang penyebabnya adalah karena enzim. Dan reaksi kimia ini biasanya akan membentuk suatu senyawa kimia yang baru dengan warnanya yang kecokelatan, serta rasa khas.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Cina dan Jepang dan sudah di publish dalam jurnal yang ditulis oleh Wang, et al, 2010, Bawang Hitam itu sendiri adalah herbal yang berpotensi baik sebagai anti tumor.

Selain itu, penelitian yang lain menunjukkan jika bawang hitam juga sangat baik dalam mencegah penuaan dini. Menurut penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa proses fermenteasi yang terjadi dari bawang putih tadi untuk bisa mendapatkan bawang hitam sudah terbukti sangat baik membantu meningkatkan kadar polifenol dan flavonoid didalam bawang hitam . Kadar dari polifenol yang semakin meningkat hingga 23% sedangkan untuk akdar flavonoidnya meningkat hingga 37% didalam bawang hitam.

Polifenol dan flavonoid ini bekerja sebagai antioksidan yang bisa mencegah penyakit kanker muncul serta penuaan dini, dengan adanya sumber antioksidan yang akan menangkap dan mengikat radikal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan di dalam sel-sel tubuh. dengan kadar antioksidan yang meningkat secara alami didalam bawang hitam, maka resiko penyakit kanker dan penuaan dinipun bisa diturunkan.

Didalam penelitian yang sama pun terbukti jika ekstrak bawang hitam sudah terbukti akan membantu melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB yang menyebabkan kerusakan di lapisan kulit bagian luar atau kulit ari, sehingga akan memberikan efek seperti terbakar di kulit.

Kandungan yang terdapat pada bawang hitam

  • Minyak astri ( dapat berfungsi sebagai anti bakteri dan anti septik)
  • Mengandung allicin dan aliin yang dapat mencegah penyakit kolestrol, penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dan masih banyak lagi.
  • Dan kandungan kimia yang terdapat pada bawang hitam adalah, kalsium, saltivine, diallysulfide, belerang, lemak, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C

Khasiat Bawang Hitam


1. Digunakan Untuk Obat.

Bawang hitam merupakan tanaman yang telah digunakan sejak jaman mesir kuno, kandungan allicin memang salah satu zat yang digunakan sebagai obat. Allicin ini merupakan salah satu komponen biologis aktif yang paling utama dan besar kandungannya dalam bawang hitam. Apa fungsi dari allicin ini ? ia merupakan zat anti bakteri yang terkandung dalam bawang hitam.

Berbagai riset telah dilakukan terhadap zat ini dan memiliki efek penting untuk beberapa manfaat untuk kesehatan di bawah ini :

  • Menurunkan berat badan
  • Mengencerkan darah
  • Mencegah hipertensi
  • Zat anti kanker
  • Antioksidan dan anti mikroba/bakteri.

Zat ini lah yang membuat ciri khas pada bau bawang hitam, namun setelah difermentasi bau khas pada bawang hitam berubah menjadi berbau sedap. Bawang hitam memiliki kandungan senyawa sulfur yang disebut Allicin, yang diyakini sangat besar peranannya dan membawa manfaat kesehatan yang tiada duanya.

2. Herbal Anti Kanker

Bawang hitam layak disebut sebagai herbal/tanaman anti kanker, kandungan sulfida alil terdapat dalam bawang hitam yang menyebabkannya sebagai herbal anti kanker.

Salah satu bukti nyata yang ditemukan para peneliti adalah kandungan PhIP, salah satu bentuk dari amina heterosiklik (HCA) yang merupakan zat yang dapat memicu kanker payudara bagi perempuan. Dari berbagai penelitian yang dilakukan zat diallyl sulfida yang terdapat dalam bawang putih menghambat pertumbuhan dan transformasi PhIP menjadi karsinogen yang pada akhirnya dapat menyebabkan kanker payudara.

Namun perlu anda ingat bahwa bawang hitam memiliki zat anti kanker yang efektif untuk mencegah pertumbuhan sel dari berbagai jenis kanker yang berbahaya bagi anda.

3. Ampuh Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Ini adalah manfaat bawang hitam yang sudah teruji, telah banyak riset yang mengeluarkan fakta bahwa bawang hitam efektif menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8% (Sumber : WebMD). Bahkan efek dari bawang hitam ini dapat menurunkan tekanan darah pada orang normal. Sebagian besar penelitian menggunakan bubuk bawang hitam tertentu.

4. Bawang Hitam Kaya Akan Nutrisi dan Rendah Kalori

Bawang hitam merupakan salah satu herbal yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik dan di butuhkan oleh tubuh. Bawang hitam sangat tinggi kandungan vitamin C dan Kalsium serta zat besi.

Berikut adalah ringkasan dari nutrisi yang diberikan oleh bawang putih per 136 Gr bawang hitam:

  • Vitamin C; Memenuhi 71 % kebutuhan harian
  • Kalsium; Memenuhi 25 % kebutuhan harian
  • Besi; Memenuhi 13 % kebutuhan harian
  • Karbohidrat (45 gr); 15 % kebutuhan harian
  • Serat (3 g); memenuhi 11 % kebutuhan harian.

Nutrisi yang terdapat dalam kandungan bawang hitam ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, namun uniknya ia tidak mengandung zat atau nutrisi yang mungkin berbahaya bagi tubuh jika terlalu besar seperti lemak jenuh dan kalori. Herbal ini dipastikan dapat membantu menunjang kesehatan tubuh dan menjadikan kita bebas dari berbagai penyakit berbahaya.

5. Sumber Antivirus/ Anti Bakteri/ Antioksidan Yang sangat Ampuh.

Khasiat paling populer dari bawang hitam adalah sumber antioksidan yang sangat kaya dan tentunya dibutuhkan oleh tubuh. Bukan hanya untuk mencegah penyakit, bawang hitam juga dikenal sebagai anti virus dan bakteri, zat yang terkandung dalam bawang hitam ini dapat membantu mencegah perkembangan bakteri, jamur, ragi, dan virus serta cacing dalam tubuh.

6. Ampuh Memangkas Kolesterol Jahat (LDL)

Salah satu kehebatan lain dari bawang hitam ini adalah kemampuannya dalam menurunkan kolesterol jahat yang mampu memangkas LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh secara signifikan, berbagai riset membuktikan bahwa bawang hitam dapat memangkas LDL sebanyak 10-15%. Jangan khawatir dengan HDL (kolesterol baik) anda, walaupun bawang hitam ampuh untuk menurunkan LDL, tapi tidak memiliki efek berarti bagi HDL, sehingga anda akan tetap sehat.

Produksi insulin dapat dipacu bengan mengkonsumsi bawang hitam, hal ini sama seperti manfaat kopi yang dikonsumsi dengan bijak. Peningkatan insulin ini mengurangi kadar gula dalam darah.

7. Sebagai Obat Awet Muda

Mengkonsumsi bawang hitam secara rutin dapat membantu anda agar tetap terlihat awet muda. Berikut beberapa pertimbangannya.

  • Menghindari kanker, pembunuh utama di dunia
  • Menghindari penyakit jantung dengan kemampuan memangkas LDL dalam darah.
  • Mengurangi tekanan darah tinggi
  • Anti oksidan + Anti Bakteri + Anti Virus

Dari beberapa fungsi diatas merupakan salah satu faktor penunjang untuk hidup awet muda. Terhindar dari berbagai penyakit berbahaya dan anti oksidan serta anti bakteri merupakan kunci hidup sehat bahagia.

8. Bawang Hitam Efektif Untuk Kecantikan Kulit.

Tidak hanya kesehatan yang ditopang oleh bawang hitam, seperti halnya manfaat mentimun, bawang hitam juga memberikan manfaat sangat baik untuk kecantikan kulit.

  1. Membersihkan komedo. Komedo sering muncul didaerah hidung dan menggangu penampilan. Cukup haluskan bawang hitam, lalu oleskan pada daerah yang dihinggapi komedo.
  2. Menghilangkan noda bekas luka. Bekas luka terkadang membuat kurangnya rasa percaya diri bagi yang memlikinya. Manfaat bawang hitam, memberikan sifat anti radang yang mampu membersihkan sisa luka pada kulit. Oleskan bawang hitam pada bagian noda luka tersebut.
  3. Obat jerawat. Satu siung bawang hitam yang dihaluskan lalu balurkan pada permukaan kulit yang terdapat jerawat, kemudian diamkan 10 menit atau gunakan saat sebelum tidur. Keesokan harinya, jerawat akan mengempes dan lebih kecil, lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal.

9. Mencegah Demensia dan Penyakit Alzheimer

Kerusakan syaraf atau oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas sangat berperan pada proses penuaan dini. Bawang hitam mengandung antioksidan yang mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif. Suplemen bawang hitam telah terbukti untuk meningkatkan enzim antioksidan pada manusia, serta secara signifikan mengurangi stres oksidatif pada pasien dengan tekanan darah tinggi.

Manfaat gabungan seperti pengurangan kolesterol dan tekanan darah, serta sifat antioksidan, dapat membantu mencegah penyakit otak umum seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

10. Bawang Hitam Dapat Memangkas Berat Badan.

Berbagai riset telah menemukan bahwa zat anti inflamasi yang terdapat di bawang hitam dapat membantu mengatur sel lemak yang terbentuk dalam tubuh kita. Obesitas atau berat badan terjadi ketika lemak terus terbentuk, tahapan ini mengubah Pre-adiposit menjadi sel-sel lemak (adipocytes) melalui proses yang kita namakan sistem inflamasi. Vinyldithiin zat yang terdapat pada bawang hitam dapat membantu menghambat terjadinya proses inflamasi ini yang tentu baik untuk mencegah berat badan .

11. Menghilangkan Sakit Gigi

Sakit gigi secara umum disebabkan oleh bakteri yang terdapat pada gigi anda. Sifat anti virus serta bakteri yang ada pada bawang hitam dapat membasmi dan menghilangkan bakteri penyebab sakit gigi. Selain itu ia juga memiliki kandungan analgesik yang ampuh untuk mengatasi sakit gigi anda.

12. Meningkatkan Metabolisme Zat Besi

Riset terkini mengenai bawang hitam telah menunjukkan bahwa bawang hitam sangat ampuh dalam meningkatkan metabolisme zat besi. Zat besi disimpan dalam sel yang terdapat pada tubuh kita, aktivitas selanjutnya adalah pemindahan keluar dari sel dan kembali dalam sirkulasi tubuh yang tentu membutuhkan protein yang dinamakan ferroportin. Ferroportin adalah protein yang berjalan melintasi membran sel dan menyediakan jembatan bagi zat besi untuk menyeberang dan meninggalkan sel. Bawang hitam dapat meningkatkan produksi protein ini sehingga membantu menjaga zat besi yang beredar dalam tubuh sesuai dengan kebutuhan.

Meskipun bawang hitam baik untuk kesehatan, namun sebaiknya jika anda yang memiliki alergi dengan bawang putih dan juga jika anda sedang mengalami sakit kepala migrain dan ingin menjalani operasi dalam waktu dekat sebaiknya anda tidak mengkonsumsi bawang hitam. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami
    di http://blackwaletfacialsoap.com/sabun-penghilang-flek-hitam-di-wajah/

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.