Film Operasi Trisula

Film Operasi Trisula


iklanet.id - Film operasi trisula ini menceritakan operasi militer yang dilakukan untuk memberantas anggota gerakan G 30 S PKI yang melarikan diri dari Jakarta dan berbagai daerah. Sisa-sisa kaum komunis yang lari akhirnya berkumpul di Blitar Selatan sekitar tahun 1966. Mereka memusatkan basis perlawanan di sana. Blitar Selatan dipilih karena pada masa itu, sangat tertinggal. Tanahnya tandus, sulit dijangkau dan hampir semua masyarakatnya hidup di bawah garis kemiskinan. Di kawasan ini juga banyak gua-gua tersembunyi yang ideal untuk perang gerilya.

Film dengan durasi sekitar  119 menit ini secara detail menceritakan bagaimana pergerakan dan upaya-upaya yang dilakukan oleh PKI. Ajaran Mao Zedong tentang “Dari desa mengepung kota” menjadi landasan gerakan mereka. Tak jarang pula mereka melakukan kekerasan dan pembunuhan. Sabotase-sabotase dilakukan untuk menyegel wilayah Blitar Selatan dari campur tangan pemerintah.

Mendapati hal tersebut, pemerintah orde baru melalui angkatan darat Pangdam Brawijaya V memulai operasi menumpasan pemberontakan. Operasi tersebut dinamai dengan Operasi Trisula, karena letak wilayah segitiga antara Blitar selatan, Malang dan Kediri.

Dengan persenjataan lengkap, para pasukan menyergap dan menangkap anggota PKI. Beberapa warga yang disinyalir termasuk bagian dari BTI juga tak lupa diangkut menuju tempat penampungan PKI. Operasi ini juga menewaskan beberapa pimpinan PKI seperti Ir Surachman dan Oloan Hutapea.

Penumpasan Sisa-sisa PKI Blitar Selatan (Operasi Trisula) adalah film dokumenter tahun 1987 dari Indonesia yang disutradarai oleh B.Z. Kadaryono. Film ini diproduksi oleh studio PPFN milik negara, dan dimaksudkan sebagai sekuel dari film Pengkhianatan G 30 S PKI.

Berikut ini adalah film operasi trisula

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.