Manfaat Pisang Yang Sangat Luar Biasa

Manfaat Pisang

iklanet.id - Buah pisang ternyata memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan, sebagai penambah stamina dan juga untuk pengobatan penyakit. Selain memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang tinggi, Pisang juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang penting, seperti : vitamin C, vitamin B kompleks, kalium, kalsium, fosfor, zat besi, dan magnesium.

Berikut ini adalah berbagai manfaat pisang yang luar biasa :

1. Sebagai Sumber Energi

Kandungan karbohidrat yang terkandung dalam pisang dapat menjadi sumber energi untuk tubuh. Mengkonsumsi 2 buah pisang sehari dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh dan menambah energi untuk melakukan aktivtas sehari-hari.

2. Membantu Sistem Pencernaan

Serat yang terkandung dalam pisang sangat baik untuk mengurangi resiko sembelit. Tidak perlu menggunakan obat pencahar, cukup konsumsi saja buah pisang. Mencampur pisang dengan segelas susu akan membantu mengurangi resiko penyakit usus seperti yang berbahaya seperti terjadinya gejala kanker usus besar. Pisang digunakan untuk menahan inflamasi karena proses tersebut dapat dipercepat dengan vitamin C yang terdapat pada buah pisang.

3. Mengobati Penyakit Lambung

Buah pisang ini dijadikan sebuah solusi pada saat tubuh terserang penyakit lambung atau maag. Hal ini karena buah pisang memiliki kandungan zat penangkal asam dalam tubuh dan sehingga dapat meredakan maag.

4. Mengatasi Anemia

Buah pisang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga cocok untuk penderita anemia. Mengkonsumsi 2 buah pisang setiap harinya secara rutin dapat mengatasi kekurangan sel darah merah atau anemia.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat pisang membantu menjaga kesehatan mata. Pisang memiliki sejumlah vitamin A yang larut dalam lemak dan sangat penting untuk melindungi mata. Senyawa ini melestarikan membran yang mengelilingi mata dan merupakan komponen dari salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea. Asupan vitamin A yang cukup juga mengurangi risiko kebutaan dan sangat penting untuk penglihatan sehari-hari.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan nutrisi dalam buah pisang berupa potassium dan serat dapat membantu mencegah kerusakan pada sistem peredaran darah. Sehingga resiko serangan jantung pada manusia yang mengonsumsi buah pisang ditemukan sangatlah kecil jumlahnya. Manfaat buah pisang dalam menjaga  kesehatan jantung pun dapat terjaga.

7. Menyeimbangkan Jumlah Cairan Tubuh

Tubuh membutuhkan jumlah cairan yang seimbang dan cukup dalam menunjang semua kinerja organ tubuh. Oleh karena itu, kandungan kalium pada pisang sangat berperan penting untuk dapat membantu menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh.

8. Mengatasi Depresi

Ternyata salah satu manfaat pisang yang luar biasa adalah memberi rasa tenang dan rileks. Sebuah survei terbaru yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi, menunjukkan bahwa makan pisang setiap hari membuat pasien menjadi lebih tenang.

Pisang diketahui mengandung tryptophan, Yaitu sejenis protein yang di dalam tubuh menjadi Serotonin (hormon kebahagiaan), yang membuat tubuh menjadi rileks, meningkatkan mood, dan secara umum membuat kita merasa bahagia.

9. Mengatasi Sembelit

Karena memiliki kandungan serat yang tinggi, Pisang dapat merangsang gerakan usus menjadi lebih teratur dan meringankan sembelit. Dalam hal ini manfaat pisang adalah membantu melancarkan buang air besar dan menyembuhkan sembelit.

10. Menjaga Tekanan Darah

Khasiat pisang yang jarang diketahui orang adalah kemampuannya dalam menjaga tekanan darah. Pisang kaya akan kalium dan hanya mengandung sedikit garam yang merupakan aset besar dalam memerangi tekanan darah tinggi.

11. Menyehatkan Tulang

Mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat berfungsi untuk membantu menyehatkan tulang. Hal ini dikarenakan, buah pisang ini merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan mangan yang cukup tinggi.

12. Melancarkan Peredaran Darah

Buah pisang memiliki kandungan kalium dan potasium yang bermanfaat untuk membantu sirkulasi tubuh. Pada akhirnya peredaran oksigen ke otak menjadi lebih lancar. Kalium juga dapat berfungsi untuk membantu melancarkan denyut jantung, mengurangi resiko terserang stroke, dan mengatur tekanan darah.

13. Mengatasi Rasa Sakit Saat Menstruasi 

Rasa sakit saat menstruasi / haid yang sering dialami oleh wanita dapat diatasi dengan mengonsumsi buah pisang. Buah pisang memiliki kandungan mineral yang baik untuk mengurangi rasa sakit tersebut.

14. Mengurangi Pembengkakan

Buah pisang digunakan untuk mengurangi pembengkakan, melindungi resiko diabetes tipe II, memperkuat sistem saraf tubuh, membantu menurunkan berat badan, serta membantu memproduksi sel darah putih. Hal ini dikarenakan tingginya kadar vitamin B-6 dalam buah pisang.

15. Meningkatkan Fungsi Otak

Buah pisang merupakan salah satu buah yang mampu merangsang kemampuan kecerdasan otak. Sehingga buah pisang sangat cocok diberikan sejak masih bayi. Usia bayi merupakan usia perkembangan otak yang paling penting. Oleh karena itu, berikanlah pisang yang telah dihaluskan untuk dikonsumsi bagi anak-anak yang membutuhkan perkembangan kecerdasan otak.

16. Mencegah Penyakit Asma

Penyakit asma merupakan penyakit yang umumnya diturunkan dari orang tua. Akan tetapi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa semakin sering anak mengonsumsi pisang minimal 1 buah sehari dapat menurunkan resiko anak tersebut terkena penyakit asma. Sehingga, dengan mengkonsumsi buah pisang sangatlah disarankan untuk mengatasi penyakit asma

17. Mengatasi Penyakit Liver

Bagi anda penderita penyakit liver, Dengan mengkonsumsi pisang dan madu secara rutin dapat menjaga kondisi liver dan meningkatkan nafsu makan.

18. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berbagai vitamin dalam buah pisang dapat membantu tubuh untuk meningkatkan kinerja sistem imunitas. Sehingga sistem imunitas akan kuat melawan bakteri dan penyakit yang mencoba menyerang tubuh.

19. Menghaluskan Kulit Wajah

Buah pisang kaya akan vitamin yang sangat baik untuk kulit wajah. Salah satu manfaatnya adalah untuk menjaga permukaan kulit wajah tetap halus dan lembut. Gunakan pisang sebagai masker dengan menghaluskannya. Tambahkan sedikit madu dan oleskan pisang dan madu tersebut ke seluruh wajah secara merata. Diamkan selama setengah jam sebelum anda bilas hingga bersih.

20. Baik Untuk Wanita Hamil

Seorang ibu hamil memerlukan makanan yang baik untuk dirinya dan janin yang dikandung. Asam folat yang terdapat pada buah pisang dapat membantu mencegah cacat bawaan pada anak. Sekitar 85-100 kalori terkandung dalam pisang, hal ini penting untuk pembentukan sel-sel baru pada janin. Selain itu pisang dapat mengurangi morning sickness pada ibu hamil dan menjaga kadar gula darah tetap stabil pada ibu hamil.

Demikianlah beberapa manfaat buah pisang bagi kesehatan, pengobatan, kecantikan dan lainnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.