Matikan Ponsel Anda Sebelum Tidur

bahaya radiasi handphone

iklanet.id - Melakukan aktivitas dengan ponsel atau smartphone sebelum tidur seringkali dilakukan banyak orang pada umumnya. Tahukah anda bahwa hal tersebut dapat menimbulkan efek negatif bagi kesehatan tubuh anda.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kita harus mematikan ponsel atau smartphone sebelum tidur :

1. Pengaruh Radiasi

Radiasi juga bisa anda terima dari sinar layar handphone. Jika anda terlalu sering terkena sinar radiasi ini maka di khawatirkan dapat menimbulkan penyakit tumor yang ada dalam tubuh. Oleh karena itu, Untuk menghindari penyakit berbahaya tersebut maka sebaiknya anda mematikan handphone saat tidur.

2. Meningkatkan Resiko Kanker

Tim ilmiah asal Swedia di the Karolinska Institute melakukan peneliti yang menunjukkan bahwa penggunaan ponsel secara rutin selama lebih dari satu dekade dapat dihubungkan dengan meningkatnya risiko acoustic neuroma; jenis tumor otak jinak. Selain itu, pada tahun 2007, Dr. Lennart Hardell, dari Örebro University di Swedia, menemukan bahwa: 

  • Pengguna ponsel memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena glioma ganas
  • Ada hubungan antara penggunaan ponsel dengan meningkatnya risiko acoustic neuromas
  • Tumor lebih mungkin terjadi pada sisi kepala dimana ponsel sering digunakan
  • Penggunaan ponsel selama satu jam setiap harinya dapat meningkatkan risiko tumor setelah 10 tahun berikutnya

3. Sirkulasi Darah Ke Otak Terganggu

Peneliti di Lund University, Swedia juga telah meneliti dampak radiasi gelombang mikro terhadap otak tikus. Ternyata ditemukan kebocoran albumin dalam otak yang diakibatkan oleh rembesan sawar darah otak (blood-brain barrier).

4. Kerusakan Mata

Hal ini juga merupakan salah satu kerusakan yang cukup sering terjadi karena terlalu lama menatap layar smartphone dan terpapar cahaya biru dari smartphone membuat retina mata menjadi tegang bahkan beberapa peneliti menyebutkan, Jika terlalu lama dengan kebiasaan tersebut dapat menyebabkan katarak.

5. Penyakit Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit yang biasanya menyerang orang-orang yang sudah berumur diatas 50 tahun. Akan tetapi bagi seseorang yang sering menggunakan smartphone sebelum tidur akan dapat mempercepat terjadinya Alzheimer pada dalam tubuhnya. Hal tersebut diakibatkan oleh paparan radiasi yang ada pada handphone.

Untuk mendapatkan kesehatan yang prima, Maka anda diharuskan untuk tidak menggunakan handphone ketika ingin tidur. Matikanlah handphone ketika anda ingin tidur, Bahkan 30 menit sebelum tidur tidak usah melihat smartphone.

6. Meyebabkan Kecanduan

Terlalu sering menggunakan handphone saat tidur, Biasanya akan menyebabkan kecanduan pada diri seseorang. Karena rasa candu berat seperti inilah akan banyak membuat orang insomnia atau tidak bisa tidur karena masih menggunakan handphone atau ponsel nya.

7. Gangguan Sel Otak

Menurut World Health Organization (WHO), radiasi ponsel bisa memengaruhi susunan saraf manusia hingga dapat menyebabkan kanker atau tumor, terutama pada anak-anak, yang kulit kepala dan tengkoraknya lebih tipis daripada orang dewasa, dan lebih rentan terhadap radiasi.

Seorang ilmuwan kesehatan lingkungan, Dr. Devra Davis, mengatakan bahwa paparan radiasi dari handphone dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak. Sel-sel otak yang rusak membuat risiko terjangkitnya berbagai jenis penyakit meningkat, karena otak adalah pusat pengendalian tubuh.

8. Mengurangi Kemampuan Konsentrasi

Anda pernah ketiduran sambil memegang ponsel? Atau malah sengaja menaruhnya di bawah bantal? Hmmm.. Anda tidak sendirian, pasalnya sebanyak 63% dari pemilik ponsel tidur dekat ponsel yang ditaruh tepat di samping tempat tidur. Hal ini dilakukan agar mempermudah menjangkau ponsel atau agar bunyi alarm terdengar jelas. Namun, tahukah Anda bahwa meletakkan ponsel di bawah bantal ataupun dekat dengan Anda ketika tidur berbahaya bagi kesehatan?

Menurut penelitian, ponsel jenis apapun mengeluarkan radiasi elektromagnetik yang mampu mempengaruhi kualitas tidur Anda. Efek dari radiasi ponsel yang mempengaruhi kualitas tidur ini menyebabkan aliran darah yang diarahkan ke otot-otot Anda tidak maksimal. Oleh karena itu, di pagi hari, Anda mungkin mengalami kurang konsentrasi, nyeri, dan fokus.

Oleh karena itu sebaiknya anda dapat lebih bijaksana dalam penggunaan smartphone agar dapat menghindari dampak negatif dari pemakaian smartphone yang berlebihan, Sehingga kesehatan anda dapat tetap terjaga.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.