Penyakit Tipes Yang Tak Kunjung Sembuh

Penyakit tipes

iklanet.id - Typhoid atau tifus ( tipes ) adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhii. Infeksi terjadi saat kita mengkonsumsi makanan yang tercemar atau terkontaminasi oleh bakteri ini. Jika memang anda telah di diagnosa dokter dengan tifus namun tidak kunjung sembuh, yang menjadi pertanyaan apakah keluhan yang anda rasakan saat awal sakit sampai dengan saat ini tidak kunjung membaik. Apabila keadaan ini terjadi sebaiknya anda dapat memeriksakan diri kembali ke dokter untuk mencari penyebab utama keluhan yang anda rasakan apakah hanya tipus atau disertai penyakit yang lain.

Penanganan yang biasa di lakukan oleh dokter ketika anda mengalami sakit tipes biasanya diberikan obat antibiotik dalam pengobatan nya . Lama penyembuhan sakit tipes biasanya berlangsung 2 mingguan tergantung bagaimana anda selaku penderita patuh terhadap anjuran dari dokter .

Lama penyembuhan sakit tipes memang tergantung pada anda selaku penderita ini karena kuman penyebab sakit tipes memang cukup sulit untuk dimusnahkan dan meskipun anda sudah di nyatakan sembuh, Kemungkinan akan terserang sakit tipes kembali cukup tinggi resikonya. Sehingga setelah anda di nyatakan sembuh dari sakit tipes ada baiknya selama 2 bulan atau lebih menjaga dari pantangan penyakit tipes .

Berikut ini adalah beberapa tips agar penyakit tipes anda cepat sembuh dan tidak kambuh lagi

1. Minum Cukup Air Mineral

Penderita tipes juga lebih sering kehilangan cairan karena demam dan mual atau muntah. Memberikan banyak air mineral kepada penderita akan membantu penyembuhan menjadi lebih cepat. Terlebih jika penderita juga mengalami diare yang buruk. Cairan akan membantu menurunkan demam, menghambat kerja bakteri dan membunuh bakteri itu secara alami. Jika tidak bisa minum cairan dengan baik maka pemberian cairan melalui infus bisa diberikan di rumah sakit. Pemberikan cairan lewat infus akan langsung ke pembuluh darah sehingga mempercepat penyembuhan. Selain itu, Pemberian obat antibiotik lewat jenis cairan infus juga bisa membantu penyembuhan lebih cepat.

2. Cukup Istirahat

Penderita tipes harus banyak istirahat karena bisa membantu penyembuhan menjadi lebih cepat. Penderita tipes disarankan banyak istirahat di tempat tidur dan mengurangi gerakan atau berbagai aktifitas yang lain. Istirahat akan meningkatkan kesehatan dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, proses pemberian obat akan lebih efektif jika penderita bisa istirahat dengan baik. Anak-anak yang masih sekolah sebaiknya juga sementara tidak masuk sekolah. Istirahat harus dilakukan hingga benar-benar sembuh sebab jika tidak dilakukan maka resiko kambuh akan menjadi lebih besar.

3. Mengkonsumsi Makanan Halus

Penderita tipes juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan lunak atau makanan yang lembut. Beberapa jenis makanan yang sering disarankan misalnya bubur nasi merah atau nasi putih yang dicampur dengan sayuran. Bakteri penyebab tipes akan menyerang usus dan menyebabkan usus menjadi sangat sensitif. Makanan halus akan membantu usus  bekerja dengan baik dan tidak menyakiti usus itu sendiri. Sedangkan makanan yang kasar akan membuat luka pada usus dan menambah parah penyakit tipes.

4. Makan Lebih Sering

Penderita tipes sebaiknya juga harus lebih sering makan daripada makan banyak dalam sekali waktu. Makan lebih sering dengan jumlah sedikit akan membantu usus  bekerja lebih baik. Mengkonsumsi makanan halus ketika perut merasa perih dan sedikit tidak nyaman akan membiasakan usus untuk menerima makanan. Makanan juga bisa mencegah agar bakteri tidak berkembang. Cara mengobati tipes dengan mengkonsumsi makanan halus seperti bubur akan membantu proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

5. Hindari Makanan Pedas

Penderita tipes mungkin akan memiliki keinginan makanan yang sedikit aneh daripada biasanya. Hal ini disebabkan karena kondisi badan yang tidak nyaman dan cenderung lidah yang terasa pahit. Keinginan untuk mengkonsumsi makanan yang pedas harus dihindari untuk mencegah agar tipes tidak lebih buruk. Bahaya makanan pedas bisa menyebabkan usus menjadi luka dan membuat bakteri menjadi lebih ganas. Konsumsi makanan yang pedas juga bisa menyebabkan tipes menjadi lebih parah dan komplikasi seperti luka dan pendarahan pada usus.

6. Menjaga Kebersihan

Penderita tipes juga harus menjaga kebersihan untuk mempercepat penyembuhan. Ketika menjaga kebersihan maka penderita bisa terhindar dari kontaminasi bakteri atau sumber penyakit yang lain. Penderita tipes memiliki kekebalan tubuh yang lebih lemah dan sangat mudah terkena sumber penyakit lain. Ketika terkena komplikasi maka bisa menghambat penyembuhan dan membuat tipes juga sulit untuk sembuh. Cara untuk menjaga kebersihan bisa dilakukan seperti melakukan cara mencuci tangan yang benar sebelum dan setelah makan. Tindakan ini juga bisa mengurangi resiko terkena jenis penyakit menular lain dan menjaga agar penyakit tidak menyebar.

7. Minum Jus Jambu Merah

Banyak penderita tipes yang merasa sangat lemah karena kehilangan cairan yang sangat banyak. Kondisi bisa menjadi sangat parah jika penderita juga mual dan diare. Untuk menggantikan cairan yang sudah keluar tubuh dan menjaga keseimbangan elektrolit maka bisa mengkonsumsi jus jambu merah. Jus jambu merah tanpa tambahan gula akan membantu memenuhi cairan tubuh dan memulihkan kondisi tubuh. Kandungan buah yang mengandung vitamin C menjadi sumber makanan yang mengandung antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Demikianlah cara mengatasi penyakit tipes, Jika sakit anda masih berlanjut silahkan periksakan kondisi anda ke dokter. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.