Suku Mante Tertangkap Kamera Di Hutan Aceh


Misteri masih menyelimuti perihal kemunculan makhluk kecil lincah yang muncul di belantara Aceh. Ada dugaan sosok itu merupakan suku kuno dari Aceh, Suku Mante. Para pengemar motocross di Aceh tak sengaja bertemu makhluk misterius di hutan. Video pertemuan dengan makhluk itu beredar luas di media sosial. Makhluk itu tak berpakaian dan tengah membawa kayu.

kumparan (kumparan.com) mencoba mengkonfirmasi tentang makhluk itu ke tokoh masyarakat Aceh yang juga Kepala Dinas Sosial Pemprov Aceh Al Qudri, Sabtu (25/3). Menurut Al Qudri makhluk kecil itu diduga suku mante, yang selama ini menjadi legenda di Hutan Leuser.

“ini saya duga Suku Mante, orangnya kecil-kecil,” jelas Al Qudri. Bagi masyarakat Aceh di pedesaan, keberadaan Suku Mante bak mahluk bunian antara ada dan tiada. “Suku Mante ini didengar dari cerita turun temurun para orangtua,” ujar dia.

Dan pekan lalu, makhluk itu terekam kamera para penggemar motocross Aceh. Makhluk itu berlari menjauh dengan cepat masuk ke rerimbunan hutan. “Mereka itu penciumannya tajam, biasanya kalau mencium bau manusia mereka menghindar. Saat itu mungkin arah angin berlawanan, jadi mereka tidak mencium bau manusia,” tuturnya.


Suku Mante berbeda dengan suku terasing. Mereka ada di kelebatan hutan-hutan Aceh dan kerap disebut makhluk bunian atau makhluk gaib.

“Mereka itu suka garam. Jadi kalau di gua-gua ditaruh garam, kita tinggal tahu tahu hilang. Hanya ada jejak kaki saja,” tutur dia. Selama ini tak banyak orang yang bertemu Suku Mante kalaupun bertemu itu hanya kebetulan.

“Mereka lari seperti angin, kita juga tidak bisa berkomunikasi. Mereka ini nomaden berpindah tempat dan memakan makanan mentah,” tutup dia. Dugaan mengenai hal itu bermunculan di media sosial. Kabid Humas Polda Aceh Kombes Gunawan juga memiliki dugaan awal serupa.

“Saya sudah lihat videonya. Manusia itu ya. Bisa jadi memang itu suku dalam yang masih primitif. Bisa jadi Suku Mante itu,” kata Gunawan dalam perbincangan dengan detikcom, Minggu (26/3/2017).

Namun itu baru dugaan sangat awal. Gunawan mengatakan, perlu diketahui lokasi persisnya untuk dilakukan penelaahan yang lebih mendalam. “Menarik ini, apakah ini merupakan yang sudah punah itu, atau apakah memang asli Aceh,” ujar Gunawan. Literasi dan dokumentasi mengenai Suku Mante terbilang tak cukup banyak. Suku ini disebut-sebut dalam legenda rakyat pernah mendiami Aceh.
Peneliti Snouck Hurgronje dalam bukunya ‘De Atjehers’ menyebutkan suku ini masuk dalam etnis Melayu Proto. Ukuran tubuhnya sama seperti manusia Melayu pada umumnya. Suku ini disebutkan selalu berada di pedalaman hutan.

Kesaksian warga mengenai eksistensi Suku Mante ini kadang salah. Ada yang mengira jejak Suku Mante itu dengan Orang Pendek, spesies misterius yang diyakini ada di belantara bumi Sumatera.

Dari ciri-cirinya, Orang Pendek tersebut mirip dengan apa sosok yang muncul di hutan Aceh. Debbie Martyr, seorang peneliti yang meneliti Orang Pendek selama 15 tahun menjelaskan ciri-ciri Orang Pendek ini memiliki tinggi tak lebih dari 90 Cm. Tubuhnya umumnya berwana-warna abu-abu dengan selimut bulu. Ada pula yang berwana kecokelatan.


Berikut ini adalah video penampakan suku mante

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.